Rayakan Cap Gomeh, Makin Seru dengan Menyantap Lontong Cap Gomeh dan Menonton Pertunjukan Barongsai

Dwi Retno - Jumat, 23 Februari 2024
Foto : Ist
Foto : Ist
A A A

Perayaan Cap Gomeh diperingati tepat 15 hari setelah tahun baru Imlek. Nah, Cap Gomeh sendiri berasal dari kata "Cap Go" yang artinya "lima belas", dan "Meh" yang artinya malam. Secara sederhana Cap Gomeh dapat diartikan sebagai malam kelima belas setelah Tahun Baru Imlek.

Merayakan Cap Gomeh tak afdol kalau tidak menyantap lontong Cap Gomeh. Hidangan yang biasa disantap keluarga Tionghoa Indonesia pada saat perayaan Cap Go Meh. Lontong Cap Go Meh sebenarnya tidak berbeda dari lontong biasa. Hidangan ini berisikan lontong yang disajikan dengan opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, telur pindang, bubuk koya, abon sapi, sambal dan kerupuk.

Bagi kalian dan keluarga yang ingin mencicipi lezatnya lontong Cap Gomeh, bisa datang ke Kebun Raya Bogor, Kids! Dalam rangka perayaan Cap Gomeh, Kebun Raya Bogor memberikan promo kuliner Lontong Cap Gomeh yang dilaksanakan pada 23-25 Februari 2024. Di Resto Secret Garden promo diberikan pada pukul 07.00-12.00 WIB, kalian bisa membeli lontong Cap Gomeh seharga Rp 35.000 sementara di Resto raasaa promo berlaku pada pukul 08.00 – 20.00 WIB kalian bisa membeli dengan harga Rp 50. 000.

Selain Promo Spesial, beberapa area di dalam kebun di dekorasi dengan suasana Imlek yaitu lampu lampion dan ornamennya, juga ada beberapa staf di bagian pelayanan publik mengenakan topi cheongsam khas Hari Raya Imlek.

Tak seru rasanya merayakan Cap Gomeh kalau tidak melihat pertunjukan barongsai. Di Showcase Barongsai dan Naga yang diadakan Kebon Raya Bogor akan menampilkan Barongsai dari Grup Kesenian Barongsai Bogor Indonesia (GKB BOGOR INDONESIA).

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Bogor, Bapak Jemmy Charter mengatakan Barongsai dan Liong itu mengajarkan kita tentang semangat hidup, kejujuran, dan keberanian dalam menghadapi setiap permasalahan. Ia menjelaskan mereka akan menampilkan cerita naga bermain di atas awan dan singa (barongsai) bermain di dalam hutan. Barongsai itu hewan yang menyerupai singa yang di mainkan oleh 2 orang. Dan naga adalah sosok ular raksasa yang melambangkan kewibawaan dan kekuatan. “Yang pasti akan banyak atraksi- atraksi yang bakal kami pertunjukan di sini,” ujar Bapak Jemmy.

Latest Update
Explore more fun