Sambut Hari Anak Nasional, Restoran Keluarga Ini Gelar Kelas Menulis Bersama 15 Komunitas Taman Bacaan se-Jakarta

Efa Trapulina - Senin, 22 Juli 2024
Kegiatan kelas menulis untuk mendorong literasi baca tulis anak-anak (Foto: Ist)
Kegiatan kelas menulis untuk mendorong literasi baca tulis anak-anak (Foto: Ist)
A A A

Melanjutkan komitmen edukatif untuk mendorong literasi baca tulis anak-anak, McDonald’s Indonesia, di bawah naungan PT Rekso Nasional Food,  sukses menggelar kelas menulis bersama dengan Pegiat Literasi Edi Dimyati. 

Mengangkat tema “Aku dan Pancasila” kegiatan ini diikuti oleh 80 anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dari 15 komunitas yang tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jakarta pada Sabtu (20/7/24) dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional.  

Kegiatan yang termasuk ke dalam program ‘Inspirasi Literasi McD’ ini dipandu langsung oleh Pegiat Literasi, Edi Dimyati. Pria yang disapa Kang Edi, merupakan sosok inspiratif yang sukses membangun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kampung Buku pada tahun 2010 di Cibubur, Jakarta Timur. 

Tak hanya itu, Kang Edi juga sangat gigih mendorong literasi masyarakat dan mendekatkan buku dengan anak-anak lewat perpustakaan keliling menggunakan sepedanya ke beberapa ruang terbuka di Jakarta yang dinamakan ‘Kargo Baca’. 

Ibu Meta Rostiawati, Associate Director of Communications McDonald's Indonesia mengatakan pihaknya terus berupaya untuk memberikan dampak positif kepada keluarga dan anak-anak, salah satunya dengan memberikan dukungan untuk meningkatkan literasi baca tulis.

(ki-ka) Meta Rostiawati dan Edi Dimyati
(ki-ka) Meta Rostiawati dan Edi Dimyati

 

“Pada momen Hari Anak Nasional ini, kami memilih untuk mengadakan kelas menulis bertemakan ‘Aku dan Pancasila’ bagi 80 anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dari 15 komunitas taman bacaan se-Jakarta. Harapannya, kegiatan ini dapat mengasah imajinasi, menumbuhkan nilai kebangsaan, dan meningkatkan kemampuan menulis mereka,” imbuh Ibu Meta.

Kak Edi Dimyati sangat mengapresiasi kegiatan literasi baca tulis ini. Menurutnya, di tengah tantangan arus digital, kegiatan kelas menulis sangat bagus untuk mengasah kreativitas dan kemampuan menulis anak-anak. 

“Semoga kegiatan ini bisa rutin diadakan ke depannya, sehingga anak-anak Indonesia mempunyai wadah untuk terus mengasah kemampuan baca tulis mereka,” ucapnya.

Pada kelas menulis ini, setiap 10 orang anak yang berpartisipasi didampingi oleh satu pembina khusus dari Forum TBM Jakarta agar mereka dapat belajar cara menulis cerita yang benar, kreatif, dan juga menarik. Hasil tulisan anak-anak tersebut kemudian dinilai dan tiga peserta dengan tulisan terbaik mendapatkan hadiah berupa perlengkapan sekolah, seperti tas, buku, dan alat tulis.  

Selain kelas menulis, anak-anak juga dihibur dengan beragam game edukatif yang menyenangkan dan bermain bersama ikon Ronald, termasuk mendengarkan cerita inspiratif kebangsaan bertemakan Pancasila.

Restoran ini juga secara simbolis menyerahkan lebih dari 700 buku donasi yang terkumpul dari pelanggan di 19 restoran untuk diserahkan kepada puluhan taman bacaan di Jakarta. Buku layak baca ini sebagai hasil dari program ‘Book Donations’ yang sudah berjalan sejak 2022. 

“Di tengah kemajuan teknologi seperti smartphone dan internet, membaca dapat memberikan banyak manfaat untuk anak-anak, seperti meningkatkan kemampuan imajinasi, bahasa, hingga membantu fokus dan konsentrasi anak. Kami berharap kerja sama dengan program ‘Book Donations’ ini dapat terus terjalin agar semua anak bisa memiliki akses literasi yang semakin baik,” tutup Bapak Yudy Hartanto, Ketua Forum TBM Jakarta.

Latest Update
Explore more fun