Sambut HUT RI ke-79, Penyanyi Cilik Evolette Hadirkan Mahakarya “Ini Kami Nusantara” Kolaborasi dengan 70 Musisi dari Yogyakarta

Efa Trapulina - Jumat, 19 Juli 2024
Penyanyi Cilik Evolette Alexandra kolaborasi dengan SMM Yogyakarta menghadirkan lagu mahakarya “Ini Kami Nusantara” atau IKN (Foto: Ist)
Penyanyi Cilik Evolette Alexandra kolaborasi dengan SMM Yogyakarta menghadirkan lagu mahakarya “Ini Kami Nusantara” atau IKN (Foto: Ist)
A A A

Penyanyi cilik Evolette Alexandra tak henti-hentinya membuat gebrakan. 

Sebelumnya, Evollette kerap menorehkan prestasi membanggakan di beberapa kompetisi internasional. Pencapaiannya yang sukses mengharumkan nama Indonesia di luar negeri antara lain: juara pertama Shanghai Asia Pacific International Art Festival 2024 dan yang terbaru juara Pertama kompetisi Music International Grand Prix 2024 di kota New York Amerika pada bulan Mei 2024 sekaligus tampil di Merkin Hall dan Carnegie Hall yang pretisius. 

Sebagai anak Indonesia yang masih berusia 10 tahun, Evolette termotivasi untuk memberikan yang terbaik pada Indonesia melalui bakat menyanyinya.

Motivasi tersebut mendapat sambutan positif dari Haris The Brothers yang juga memiliki impian untuk membuat lagu nasional yang bisa diterima masyarakat luas. 

Haris the Brothers merupakan produser, komposer dan pelatih vokal yang sering bekerja sama dengan musisi muda Indonesia. 

Keduanya lalu berkolaborasi dalam satu proyek yang bertujuan menciptakan karya untuk membanggakan bangsa Indonesia dengan melahirkan lagu “Ini Kami Nusantara” atau IKN. Lagu ini diharapkan menjadi lagu nasional yang mampu membangkitkan semangat anak-anak Indonesia untuk semakin mencintai negaranya.

Kolaborasi Evolette x SMM Yogyakarta
Kolaborasi Evolette x SMM Yogyakarta

“Saya mengenal Evolette dari profil Instagramnya dan saya sangat kagum atas prestasi yang telah diraih oleh Evolette. Saya langsung mengontak Evolette untuk terlibat dalam kolaborasi lagu IKN Bersama dengan SMM Choir,” imbuh Haris The Brothers, Composer & Vocal Coach Ini Kami Nusantara.

Lagu tersebut menceritakan betapa indahnya Indonesia dengan beragam suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke. Lagu ini juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu sebagai kesatuan Nusantara. 

Aransemen musik diciptakan oleh musisi muda Deril Matahelumual dan Kareza Sabastian

Yang lebih istimewa lagi, Choir dan Orkestra SMM Yogyakarta atau dikenal sebagai SMK N2 Kasihan turut mendukung komposisi lagu ini. 

SMM Yogyakarta adalah sekolah musik tertua di Indonesia tempat lahirnya bakat-bakat muda belajar menjadi musisi masa depan Indonesia. Salah  satu murid berprestasi sekolah musik tersebut adalah Putri Ariani yang menjadi juara 4 American Got Talent 2023 lalu.

“Harapan kami lagu ini bisa menjadi kebanggaan rakyat Indonesia terutama di saat hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 dimana pertama kalinya perayaan akan diadakan di Ibukota Nusantara (IKN) Kalimantan,” ujar Haris The Bothers.

Lagu ini juga dilengkapi dengan musik video yang memukau, yang diciptakan dengan alunan musik yang dinamik dan energik. Videonya dibuat secara kolosal dengan melibatkan 70 penyanyi  dan musisi dari SMM Yogyakarta dan dilengkapi pula dengan extended medley lagu-lagu daerah dari berbagai Nusantara sepanjang 10 menit. 

Evolette saat menyanyikan lagu IKN
Evolette saat menyanyikan lagu IKN

Adapun syuting musik video dilakukan di beberapa lokasi kota Yogyakarta dan sekitarnya seperti studio alam Gamplong dan Tebing Breksi.

Lagu dan musik video “Ini Kami Nusantara (IKN)” sudah rilis pada tanggal 16 Juli 2024 pada semua digital streaming platform dan bisa didengar oleh masyarakat, juga bisa ditonton di kanal Youtube Evolette Alexandra.

“Lagu IKN (Ini Kami Nusantara) terinspirasi dari Ibukota baru Indonesia, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN). Proses syuting video klip dilakukan di Yogyakarta namun take vocal tetap dilakukan di Jakarta. Shoot video dilakukan di Yogyakarta karena menyesuaikan dengan lokasi SMM yang berada di Yogyakarta dan juga karena melibatkan sebanyak 70 musisi dari SMM,” terang Haris.

Ia juga mengaku tidak alami kesulitan bekerja sama dengan Evolette dalam menciptakan lagu ini, “Kami membuat lagu ini sesuai dengan karakter suara dari Evolette itu sendiri, dengan genre EDM & Pop,” katanya.

Evolette pun mengaku bangga dapat berkolaborasi dengan para musisi hebat, “Saya sangat bangga terlibat dalam project kali ini karena saya dapat berkolaborasi dengan Choir & Orchestra terkenal yang melahirkan banyak musisi-musisi hebat,” ujarnya riang.

“Lagu ini juga memiliki banyak pesan yang disampaikan untuk seluruh anak Indonesia, bahwa walaupun kita berbeda-beda tetapi tidak boleh terpecah belah,” tutup Evolette.

Latest Update
Explore more fun