Sampaikan Pesan Konservasi Melalui Musik

Dwi Retno - Senin, 05 Agustus 2024
Sunset di Kebun Raya Bogor ini menyusul kesuksesan Sunset di Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali dan Kebun Raya Cibodas pada bulan Maret, April, Mei dan Juni 2024 lalu (Foto : Ist)
Sunset di Kebun Raya Bogor ini menyusul kesuksesan Sunset di Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali dan Kebun Raya Cibodas pada bulan Maret, April, Mei dan Juni 2024 lalu (Foto : Ist)
A A A

Sebuah program pertunjukan musik yang bersifat intimate show yang menyuarakan pesan konservasi dan cinta lingkungan kembali digelar. Selain bisa menikmati konser musik, penonton juga diajak untuk mengeksplorasi area hijau. Kebun Raya merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai tempat eduwisata yang sarat akan edukasi keanekaragaman hayati Indonesia. Di sisi lain, keberadaannya juga diharapkan dapat memicu kecintaan terhadap lingkungan.

Program ini dilakukan sebagai ajang untuk mengedukasi sisi konservasi kepada anak muda dengan memperkenalkan plant heroes pada setiap pelaksanaannya melalui bahasa musik dan program lainnya. Plant heroes kali ini adalah tanaman Bucephalandra, yaitu sejenis tumbuhan asli Indonesia yang termasuk ke dalam tumbuhan air. Uniknya tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang mirip dengan tanduk banteng, bahkan beberapa spesiesnya memiliki kilauan iridescent yang memantulkan warna-warna indah saat disinari cahaya.

Salah satu sub program Sunset di Kebun adalah Natura, yaitu sebuah area yang mengajak penonton untuk mengeksplorasi ruang hijau dengan bermain dan belajar di alam terbuka. Area Natura terdapat beragam kegiatan menarik, interaktif, edukatif dan kreatif yang akan menjadi pengalaman baru bagi pengujung, diantaranya area warna-warni, merakit, tutur daun, singing plant, raya budaya, live painting, rangkai bunga dan kelas edukasi.

Singing Plant merupakan area interaktif dari instalasi tanaman yang bisa mengeluarkan bebunyian berupa nada yang dapat disusun menjadi sebuah alunan musik. Singing Plant memanfaatkan Biodata Sonification untuk menerjemahkan energi yang diterima dari tumbuhan ke converter dan menjadi MiDi Signal yang dapat dimengerti oleh instrumen musik. Sedangkan warna-warni merupakan sebuah area yang dibuat untuk mengekspresikan diri melalui objek dan media yang penuh warna. Warna-warni bertujuan untuk memberikan ruang bagi penonton untuk menyalurkan kreativitas mereka dalam mengeksplorasi, bereksperimen, dan menemukan keindahan dalam warna-warni kehidupan.

Selain itu ada merakit adalah sebuah program yang dibuat untuk melatih keterampilan dan mengasah kreatifitas SunsetPeople dengan merakit sebuah karya. SunsetPeople dapat berkarya dengan menciptakan sebuah cendra mata yang cantik hasil dari buah tangan mereka sendiri. Sedangkan Tutur Daur adalah sebuah program edukatif dan kreatif untuk mengubah sampah atau barang yang tidak terpakai menjadi karya seni dan barang yang bernilai. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan cara mengurangi, mendaur, menggunakan kembali dan memberikan solusi kreatif untuk mengatasi masalah sampah dan barang yang tidak terpakai.

Bukan hanya itu, ada pula kegiatan live painting merupakan sebuah pertunjukan menggambar karya seni secara langsung, karya seni yang dibuat terinspirasi dari keanekaragaman hayati dan merupakan sebuah representasi kehidupan tumbuhan yang ada di Kebun Raya.

“Acara ini digelar untuk mengajak generasi muda agar lebih mengenal alam, memperkenalkan flora. Selain itu, pelaksanaan event ini diharapkan bisa memperkenalkan Kebun Raya sebagai lokasi yang nyaman dan bisa menjadi destinasi eduwisata,” ujar General Manager Event Kebun Raya, Abi Irawan.

Abi menambahkan Sunset di Kebun menyajikan pertunjukan dengan perpaduan alam terbuka, musik harmonis serta keintiman antara musisi dengan penggemar menjadi nilai yang menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan.

“Hal yang membedakan acara ini dengan pertunjukan lainnya adalah dengan mengusung tema intimate music show with green, conservation, and culture movement, penonton akan diajak pada suasana lebih dekat dengan musisi favoritnya, nuansa lebih intim akan terasa, penonton lebih santai menikmati alunan musik yang lebih mendalam, bahkan sang musisi pun akan turut berbaur dengan penonton di sejuknya suasana sore hari Kebun Raya,” ujar Abi Irawan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Pertimbangan Nia Ramadhani Saat Memilih Sepatu untuk Anak, Utamakan Kualitas! 
img
Merayakan 57 Tahun dengan Koleksi Wastra Kiwari, Sentuhan Modern pada Batik Klasik
img
Koleksi Pakaian Pria dan Wanita untuk Musim Gugur/Dingin 2024
img
Trik Memilih Pewarna Rambut yang Tahan Lama, Bebas Amonia, dan Mengikuti Tren