Tips Terapkan Sustainable Beauty, Rahasia Cantik Sambil Lestarikan Bumi

Efa Trapulina - Senin, 05 Februari 2024
Keberlanjutan juga bisa diterapkan pada kecantikan, bahkan sustainable beauty menjadi tren yang semakin marak di kalangan Gen Z dan Milenial (Foto: Ilustrasi/Freepik)
Keberlanjutan juga bisa diterapkan pada kecantikan, bahkan sustainable beauty menjadi tren yang semakin marak di kalangan Gen Z dan Milenial (Foto: Ilustrasi/Freepik)
A A A

Wanita manapun pasti mau tampil cantik. Namun, tampil cantik menggunakan bahan alam yang tidak merusak lingkungan, tentu menjadi bonus dan memberikan kepuasan batin tersendiri. 

Ya, bukan hanya lingkungan, sustainable (keberlanjutan) juga bisa diterapkan pada kecantikan (beauty). Bahkan sustainable beauty saat ini menjadi salah satu tren di kalangan Gen Z dan Milenial yang semakin peduli akan bumi yang lebih baik. 

Gerakan ini pun didukung oleh berbagai inovasi di industri kecantikan yang kian memperkaya pilihan konsumen untuk mendapatkan produk kecantikan yang ramah lingkungan. 

Nah, bagi para Moms yang ingin ikut serta dalam gerakan sustainable beauty, coba yuk intip 4 (empat) tips berikut agar dapat merawat kecantikan diri, sambil mempertahankan kelestarian bumi:


1. Pilih kosmetik yang terinspirasi dari alam

Pilihlah skincare atau produk kecantikan yang mengganti bahan-bahan sintetis dengan bahan alami yang ramah lingkungan, termasuk kandungan aktif-nya. Melalui kecanggihan teknologi, konsumen dapat merawat kesehatan rambut, kulit, hingga kuku mereka dengan bahan-bahan alami yang dikembangkan tanpa melibatkan uji coba terhadap hewan.

2. Memanfaatkan bahan alami yang diperoleh dengan pertanian berkelanjutan

Sustainable beauty juga mengacu pada metode pertanian yang dirancang untuk menjaga keseimbangan ekologi, sosial, dan ekonomi, untuk memproduksi bahan baku produk. Dengan memilih produk kecantikan yang menerapkan sustainable farming atau pertanian berkelanjutan, konsumen dapat merawat kecantikan sekaligus melindungi lingkungan, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan memastikan kelangsungan ekonomi untuk para petani.

3. Pilih produk kecantikan yang menerapkan eco-friendly packaging

Tidak dipungkiri, kemasan skincare menjadi salah satu kontributor sampah di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, konsep keberlanjutan dalam industri kecantikan kini diwujudkan dalam penggunaan kemasan alternatif yang lebih ramah lingkungan. Tidak sedikit di antaranya juga memberikan keuntungan bagi konsumen yang mau terlibat dalam upaya menerapkan sustainable beauty.

4. Dukung pemberdayaan industri lokal dan komunitas sekitar

Dengan membeli produk lokal, Moms secara tidak langsung mengurangi jejak karbon dari transportasi dan produksi jarak jauh, serta memberi dukungan finansial kepada pengusaha dan industri manufaktur lokal. Begitu juga dengan program pemberdayaan komunitas sekitar yang sering dilakukan oleh merek kecantikan, yang dapat merangsang pertumbuhan bisnis lokal dengan menciptakan lapangan kerja.

Pilih produk yang memanfaatkan bahan alami yang ramah lingkungan
Pilih produk yang memanfaatkan bahan alami yang ramah lingkungan

Sebagai merek premium personal care lokal, Botanical Essentials, sangat mendukung gerakan sustainable beauty. Mengusung konsep kind to the skin, kind to the world dalam mengembangkan varian produknya,  mereka memanfaatkan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan mulai dari rangkaian body care seperti body wash, hand wash, body lotion, dan body oil, hair care seperti hair shampoo dan hair conditioner, hingga hand sanitizer dan linen spray.

Untuk kemasan, mereka menggunakan botol berbahan rPET atau plastik PET yang dihasilkan dari proses daur ulang. Moms sebagai konsumen juga bisa mendukung gerakan ini dengan menukarkan kemasan kosong di waste box Botanical Essentials dan mendapatkan hadiah menarik.

Lydia, Product Development Botanical Essentials mengatakan bahwa konsumen perlu dilibatkan untuk membangun bisnis kecantikan yang berkelanjutan. “Semuanya kami kembangkan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip keberlanjutan,” tutupnya.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Usung Semangat Cinta Budaya Lokal, Program Beauty Journey untuk Perempuan Muda Ini Kembali Hadir
img
Berawal dari Keresahan Tak Bisa Tampil Cantik saat Hamil, Ini Kisah Inspiratif Perempuan Pengusaha di Hari Kartini
img
Naskah Berusia Berabad-abad dari Zaman Majapahit Dipamerkan, Di Bhinneka Tunggal Ika Lontar Exhibition
img
Liburan Usai, Ini 4 Ide Aktivitas Seru untuk Kembalikan Semangat Moms!