Yuk, Jaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Dwi Retno - Rabu, 24 Januari 2024
Foto : Ist
Foto : Ist
A A A

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian di seluruh dunia. Penyakit jantung dapat diderita oleh berbagai kalangan usia, bahkan dari usia muda hingga tua. Menurut dr. Rebeka Hotmauli, Medico Marketing Genme PT Kalbe Farma Tbk, penyakit jantung yang diderita dibedakan dari jenisnya, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung. “Serangan adalah penyempitan pembuluh darah yang sifatnya mendadak, jadi ketika beraktivitas lalu tiba-tiba nyeri dada yang sifatnya serangan. Kalau serangan jantung sudah pasti sakit jantung, tetapi sakit jantung belum tentu serangan jantung,” jelas dr. Rebeka.

Lebih lanjut dr. Rebeka menjelaskan, terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dengan menjaga pola hidup sehat. Pertama, memberikan tubuh kita waktu istirahat. Kedua, melakukan diet gizi seimbang dengan mengonsumsi makanan sesuai kebutuhannya masing-masing. Ketiga, berolahraga sesuai dengan umurnya. Risiko gangguan kesehatan jantung dari faktor genetik atau keturunan pun perlu diperhatikan. “Kita lihat apakah orang tua kita ada penyakit jantung atau tidak, warning sekali secara keturunan kita. Apalagi lebih dari satu orang, ada ayah kita, paman kita, tante kita dari satu garis semua kena, berarti kita punya risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung,” jelasnya.

“Menurut Journal of the American Heart Association tahun 2021, orang dengan genetik yang sudah diketahui akan risiko tertentu ditambah pola hidup yang tidak baik, bisa langsung meningkatkan risiko sampai 5 kali lipat untuk seseorang terkena penyakit jantung,” tambahnya.

Pemeriksaan risiko genetik atau keturunan dapat dilakukan dengan tes nutrigenomik. Nutrigenomik merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara genetika individu dengan nutrisi dan dampaknya terhadap kesehatan. Tes nutrigenomik merupakan salah satu produk GENME by Kalbe. “Nutrigenomik yang kami lakukan berdasarkan penelitian. Jadi memang setiap orang itu punya kondisi genetik yang berbeda atau unik, maka kami mengambil saliva atau sampel ludah karena ada materi genetiknya. Kemudian, akan diuji di laboratorium kami yang sudah terstandar dan sudah memiliki izin dari Kementrian Kesehatan. Nantinya akan terlihat profil risiko secara genetik,” tutur Sales & Marketing Manager GENME PT Innolab Sains Internasional, Ribkah Napitupulu.

Terkait risiko penyakit jantung, kata Ribkah, lewat nutrigenomik akan terlihat hasil risikonya apabila melakukan tes NutriGEN-ME Life. Selain untuk mengetahui risiko penyakit, bisa juga untuk mengetahui rekomendasi gaya hidup yang mencakup diet, olahraga, dan intoleransi makanan berdasarkan genetik masing-masing individu. “Melalui satu kali tes dapat dilakukan pemeriksaan 70 gen dan 55 parameter dalam 12 panel. Di samping itu, tes yang disediakan juga sudah mencakup konsultasi bersama dokter yang ahli di bidangnya masing-masing. Tidak hanya untuk risiko penyakit jantung saja, tes ini juga dapat dilakukan untuk risiko hipertensi, osteoporosis, dan yang lainnya,” papar Ribkah.

Tidak hanya NutriGEN-ME Life saja, GENME by Kalbe juga memiliki rangkaian pemeriksaan genetik lainnya. Di antaranya, PrimeGEN-ME untuk menilai risiko penuaan dan penyakit degeneratif, KiddyGEN-ME untuk menilai bakat dan risiko tumbuh kembang anak, dan SkinGEN-ME yang berfokus pada kesehatan kulit. “Kalbe ini pioneer untuk tes nutrigenomik di Indonesia, tes yang kita lakukan ini semuanya berdasarkan studi dengan ahlinya dan kami juga berdasarkan database di Asia. Jadi bukan sembarang tes dan tes ini berdasarkan publikasi serta penelitian yang cukup banyak, maka kami juga bisa melakukan ini di Indonesia,” ucap Ribkah.

Selain untuk mengetahui risiko penyakit, pemeriksaan genetik juga dilakukan agar masing-masing individu dapat menjaga diri lebih baik dan memiliki kualitas hidup yang baik. dr. Rebeka menekankan, kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah pencegahan. Selain menjaga pola hidup sehat, mengatur gizi seimbang dan olahraga juga perlu dilakukan. Seluruhnya dapat dilakukan dengan memberikan tantangan kesehatan yang sesuai dengan kondisi setiap orang.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Bantuan Kemanusiaan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Padang
img
Rahasia Anti Tepar Saat Mudik Lebaran: Jangan Sepelekan Khasiat Minyak Angin Aromatherapy
img
Dukung Anak Capai Potensi Maksimal dan Terhindar dari Risiko Stunting dengan Protein
img
Dukung Lansia Rayakan Sucinya Lebaran Tanpa Keluhan Sendi, PEROSI Bagikan Akses Susu Bernutrisi