27 Penari Terbaik Lolos Audisi Final Pertunjukan Teatrikal Kolosal Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway

Dwi Retno - Rabu, 15 Mei 2024
Awalnya akan dipilih 22 penari terbaik, akan tetapi karena penampilan yang sangat luar biasa, akhirnya juri memutuskan untuk memilih 27 penari terbaik yang akan terlibat di pertunjukan teatrikal kolosal ini (Foto: Ist)
Awalnya akan dipilih 22 penari terbaik, akan tetapi karena penampilan yang sangat luar biasa, akhirnya juri memutuskan untuk memilih 27 penari terbaik yang akan terlibat di pertunjukan teatrikal kolosal ini (Foto: Ist)
A A A

Final “The Audition” Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway telah selesai digelar hari Sabtu, 11 Mei 2024 kemarin di Main Atrium Grand Indonesia East Mall, Jakarta. Audisi yang diikuti oleh 124 peserta ini diselenggarakan oleh iForte dan BCA yang bertujuan untuk memberikan kesempatan penari-penari berbakat di seluruh pelosok Indonesia untuk berkesempatan mengikuti pertunjukan teatrikal kolosal “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway pada tanggal 17-18 Agustus 2024 mendatang di JIEXPO Convention Center & Theatre, Kemayoran, Jakarta.

Koreografer Pagelaran Sabang Merauke, Sandhidea Cahyo Narpati, menjelaskan kriteria untuk penilaian. “Pentingnya faktor penilaian koreografi, baik yang bersifat wajib maupun bebas. Faktor-faktor seperti keautentikan dan keunikan budaya daerah di Indonesia, serta kemampuan memberikan rasa dan ekspresi, menjadi poin penilaian utama,” ujarnya.

"Dalam proses penilaian para finalis, kami mempertimbangkan banyak hal. Seluruh finalis menunjukkan bakat luar biasa dan semangat untuk melestarikan seni tradisi, mereka adalah generasi penerus yang patut diacungi jempol. Saya hanya ingin menyampaikan satu pesan, jangan merasa kecewa jika tidak terpilih karena setiap dari kalian memiliki bakat yang luar biasa," ungkap Didik Nini Thowok, Penari Senior dan salah satu anggota dewan juri.

Rencana awal, akan dipilih 22 penari terbaik dari 50 finalis yang tampil di audisi final, akan tetapi dikarenakan penampilan yang sangat luar biasa dari para finalis, akhirnya juri memutuskan untuk memilih bukan hanya 22 penari terbaik melainkan 27 penari terbaik yang akan terlibat di pertunjukan teatrikal kolosal ini.

Isyana Sarasvati, musisi dan penyanyi dalam “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway, menyampaikan kekagumannya terhadap para finalis. "Semua finalis adalah yang terbaik dari yang terbaik, jadi jangan merasa kecil hati jika tidak terpilih. Terima kasih atas energi luar biasa yang kalian berikan malam ini. Kalian sungguh membanggakan," tuturnya.

“Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway adalah pagelaran kebudayaan tentang kekayaan budaya yang terbentang di seluruh Indonesia, dan tujuan dari penyelenggaraan “The Audition” ini adalah untuk melibatkan sebanyak mungkin potensi muda dari Sabang hingga Merauke. Melihat semua finalis datang hampir dari seluruh Indonesia, membuat saya benar benar terharu, Mereka tidak hanya berperan sebagai peserta, tetapi juga sebagai duta kebudayaan dari daerah masing-masing. Saya sangat menghargai kontribusi dan dedikasi dari semua yang terlibat dalam audisi ini,” ujar Rusmedie Agus, sutradara “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway.

27 pemenang “The Audition” akan menjalani proses karantina latihan selama 2 bulan mulai bulan Juni 2024 di Yogyakarta bersama dengan 203 penari “Pagelaran Sabang Merauke” The Indonesian Broadway dari tahun-tahun sebelumnya.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ajak UMKM Lokal Meriahkan Perayaan Ulang Tahun ke-6, Hotel di Pusat Kota Jakarta Ini Gelar Night Market Spectacular Six
img
Teknologi dan Inovasi Terbaru Sepatu Lari Hadir di FlyLab
img
Tren Ngopi Baru yang Unik dan Menyenangkan!
img
Cara Gunakan Smartwatch untuk Dukung Hidup Sehat Namun Tetap Stylish