Dokter Anak: Waspadai Bahaya Tak Kasat Mata di Balik Peralatan Makan Anak serta Sayur dan Buah, Bersih Saja Tidak Cukup!

Efa Trapulina - Sabtu, 27 Juli 2024
(ki-ka) dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dan Zaskia Adya Mecca, sosok ibu inspiratif dalam acara peluncuran Sunlight Biocare Nature  dan Natural Playground di Senayan Park, Jakarta, 26 Juli 2024 (Foto: dok. Sunlight)
(ki-ka) dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dan Zaskia Adya Mecca, sosok ibu inspiratif dalam acara peluncuran Sunlight Biocare Nature dan Natural Playground di Senayan Park, Jakarta, 26 Juli 2024 (Foto: dok. Sunlight)
A A A

Di tengah makin banyaknya risiko yang mengintai kesehatan anak, setiap ibu memiliki naluri alami untuk selalu berupaya memberikan perlindungan terbaik. Salah satunya dengan memilih bahan makanan berkualitas dan bernutrisi seperti sayur dan buah, serta berupaya menjamin keamanannya, mulai dari mempersiapkan, memasak, hingga menyajikannya. 

Namun sayangnya, banyak ibu yang belum sepenuhnya memahami bahwa sayur, buah ataupun peralatan masak dan makan yang terlihat bersih ternyata tidak luput dari bahaya tersembunyi yang mengintai kesehatan anak.

Hal ini ditegaskan oleh dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, Dokter Spesialis Anak. Ia menekankan bahwa imunitas anak usia di bawah 10 tahun masih belum terbentuk dengan matang. “Maka terlihat bersih saja tidak cukup, Ibu harus memastikan makanan untuk keluarga, apalagi anak, benar-benar aman dikonsumsi,” katanya.

Lebih lanjut dr. Miza menjelaskan, “Kenapa bersih saja tak cukup? Karena ada tampilan segar sayur dan buah yang dipengaruhi lapisan wax non-food grade tidak berizin BPOM, yang sebetulnya tidak luruh jika hanya dicuci dengan air atau produk pencuci piring yang tidak terjamin kualitasnya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membahayakan sistem pencernaan anak dan memunculkan gejala seperti mual, muntah, atau sakit perut,” katanya. 

Tak hanya buah dan sayur, peralatan masak dan makan, terutama untuk anak juga perlu diperhatikan kehigienisannya. 

Untuk itulah, Moms harus cermat memilih produk sabun cuci piring yang berkualitas karena residu sabun pencuci jika terakumulasi akan menimbulkan bahaya kesehatan, seperti mengganggu kerja lapisan sel yang melapisi saluran usus sehingga berujung pada alergi makanan, maag, diabetes, obesitas, sirosis hati, hingga gangguan spektrum autisme. 

“Guna menjaga daya tahan tubuh anak dan mendukung tumbuh kembangnya secara optimal, pastikan sabun cuci piring yang digunakan benar-benar berkualitas dan aman untuk mencuci bahan makanan maupun peralatan masak dan makan,” lanjut dr. Miza. 

Peluncuran Sunlight Biocare Nature
Peluncuran Sunlight Biocare Nature 

Terinspirasi dari naluri alami ibu untuk memberikan perlindungan terbaik bagi keluarga, merek sabun pencuci piring dari Unilever Indonesia, meluncurkan inovasi terbaru dengan formulasi terbaiknya: Sunlight Biocare Nature yang 100% food grade dilengkapi teknologi RhamnoClean. 

Dengan formula terbaik dan teknologi RhamnoClean, sabun pencuci piring ini diklaim tangguh angkat lemak. Inovasi ini cocok digunakan untuk mencuci peralatan makan bayi, bahkan sayur dan buah karena menggunakan bahan aktif alami, bebas paraben, dan pewarna.

“Teknologi ini menggunakan 100% bahan aktif alami dari tumbuhan yang memiliki sifat membersihkan secara menyeluruh dan lebih tangguh angkat lemak. Keistimewaan lainnya yaitu, non-iritasi dan tetap lembut di tangan sehingga ibu dapat melakukan kegiatan mencuci dengan aman dan nyaman,” tambah Ernest Basarah, R&D Head of Home Care Unilever Indonesia.

Sunlight Biocare Nature dan Sunlight Natural Playground
Natural Playground (Foto: Efa)

Peluncuran dilakukan di tengah kemeriahan Sunlight Natural Playground yang digelar pada 26-28 Juli 2024 di Senayan Park, Jakarta. 

Natural Playground menghadirkan berbagai aktivitas menarik untuk ibu, seperti sarana mengekspresikan naluri alami ibu, demo produk, dan konsultasi dokter secara gratis untuk kesehatan anak. Ada pula aktivitas yang tak kalah menarik untuk anak seperti wahana bermain, sensory corner, dan booth foto interaktif.

Di kesempatan yang sama, mereka juga sekaligus memperkenalkan Zaskia Adya Mecca, sosok ibu inspiratif, sebagai Brand Ambassador terbarunya. 

Anggya Kumala, Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia menerangkan, “Dalam berinovasi, produk sabun pencuci piring kami selalu memperhatikan dan menjawab kebutuhan ibu Indonesia, terutama di tengah makin tingginya risiko yang mengintai kesehatan anak. Naluri alami ibu membuat mereka berupaya memberikan perlindungan terbaik dengan memilih bahan-bahan yang bernutrisi serta mencari produk yang alami dan aman digunakan dalam mempersiapkan, memasak, hingga menyajikan makanan untuk anak.” 

“Kami juga mengajak sebanyak mungkin keluarga Indonesia berkunjung ke Sunlight Natural Playground untuk menghabiskan akhir pekan dengan menambah wawasan sambil bersenang-senang bersama anak-anak tercinta!” tutup Anggya.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Waspada Darurat Kasus Monkeypox di Indonesia: Simak Tips Pencegahan dan Lakukan Perlindungan!
img
Maudy, Chicco, dan Pevita Ajak Warga Bandung Hidup Sehat di Festival Fit and Health
img
Maltodextrin di Susu Formula Aman, Bukan Penyebab Diabetes atau Gagal Ginjal pada Anak
img
Waspada Bahaya Swamedikasi bagi Kesehatan Gigi, Cegah dengan Konsultasikan pada Ahlinya!