Fairy Circle

Seruni Damayanti - Rabu, 12 Juni 2024
Foto Ist
Foto Ist
A A A

Kids, Fairy circle dapat ditemukan di daerah gersang yang luas. Sampai sekarang, ilmuwan masih belum bisa menjelaskan apa penyebabnya.

Apa itu Fairy Circle?

Fairy circle adalah lingkaran tanah tandus tanaman yang dikeliling oleh rerumputan yang tumbuh di sekitar daerah luar lingkaran. Lingkaran-lingkaran tanah tandus ini sangat banyak, dan jika dilihat dari atas, akan membentuk pola polkadot yang unik.

Dimanakah Fairy Circle?

Fenomena alam ini ditemukan di Afrika dan Australia. Di Afrika, Fairy circle bisa dilihat di padang gurun Namib yang ada di Afrika Selatan bagian Barat, lebih tepatnya di Namibia. Sedangkan di Australia, Fairy circle terdapat di daerah Pilbara, daerah kering di bagian Utara Australia Barat.

Berbagai Macam Penjelasan

Ada banyak penjelasan yang ditawarkan oleh para peneliti mengenai terjadinya Fairy circle. Ada ilmuwan yang mengatakan kalau penyebabnya adalah rayap pasir, semut, dan tikus liar. Ada juga yang berpendapat kalau tanaman semak Euphorbia adalah penyebabnya. Setelah penemuan Fairy circle di Australia, ada pendapat baru lagi. Kali ini penyebabnya adalah mikroba tanah. Menurut penduduk asli Namibia, yaitu orang-orang Himba, penyebab Fairy circle adalah roh-roh alam, karena itulah dinamakan Fairy circle (Lingkaran peri)! Nah, bagaimana menurut kalian, Kids? Hihihi!

Kegunaan Fairy Circle

Di Namibia, orang-orang Himba menggunakan Lingkaran peri untuk hewan ternak mereka. Mereka mendirikan pagar di lingkaran peri sebagai perlindungan dari hewan pemangsa, sementara hewan ternak bisa merumput dari rumput yang tumbuh di sekitarnya.

Latest Update
Explore more fun