Jerawat Sering Muncul di Wajah dan Punggung

Efa Trapulina - Senin, 22 Januari 2024
Masalah jerawat utamanya dipicu oleh gaya hidup kurang sehat (Foto: Ist)
Masalah jerawat utamanya dipicu oleh gaya hidup kurang sehat (Foto: Ist)
A A A

Tanya: “Halo Dok, saya mau bertanya nih soal jerawat. Sudah dua bulan ini jerawat sering muncul di wajah saya, tak hanya itu, terkadang juga muncul di punggung. Sekadar informasi, pekerjaan saya lebih banyak di lapangan dan membuat saya sering berkeringat, apalagi cuaca saat ini sedang terik-teriknya. Apakah ini berpengaruh terhadap munculnya jerawat? Perawatan apa yang bisa saya lakukan di klinik untuk mengatasinya? Terima kasih” (Irawati, Batam)

Hai Moms, terima kasih atas pertanyaannya. Menurut dr. Mishael Octaviany, Dokter Estetika/Kecantikan di Clinic de Votre Peau, permasalahan jerawat memang masih menjadi salah satu problem kulit utama di Indonesia. Masalah jerawat utamanya dipicu oleh gaya hidup kurang sehat, pola diet tidak seimbang, produksi minyak berlebih pada kulit, dan stres. Tinggal di negara atau kota dengan kondisi iklim tropis yang membuat produksi keringat jadi lebih tinggi, juga membuat jerawat rentan muncul. Apalagi jika tinggal di kota besar yang tinggi tingkat polusinya, seperti Batam di mana Mom Ira tinggal dan bekerja.

Jerawat umumnya banyak terjadi di usia remaja atau 13 tahun ke atas karena ketidakstabilan hormon, yang biasanya mereda ketika menginjak usia 25 tahun. Namun, sekarang banyak pasien berusia dewasa yang mengeluhkan masalah jerawat, termasuk body acne yang umumnya muncul di bagian punggung dan dada. Nah, hal ini biasanya diakibatkan karena gaya hidup tidak sehat, seperti kurang tidur, pola makan tinggi lemak dan gula, dan juga penggunaan masker kala pandemi.

Masalah jerawat ini sebaiknya diatasi bukan hanya di permukaan kulit tetapi juga dari dalam. Jika Mom ingin mencoba perawatan di klinik kecantikan, saya sarankan bisa mencoba melakukan perawatan kombinasi (combination treatment), seperti acne peeling untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak, serta mengangkat sel-sel kulit mati, laser untuk membunuh kuman-kuman penyebab jerawat dan mengurangi peradangan di kulit, serta acne infusion untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Dan, salah satu cara untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan melakukan skin investment seperti facial, dan juga treatment anti aging seperti botox dan salmon DNA injection.

Untuk perawatan jerawat, pilihlah produk yang khusus menangani jerawat, misalnya rangkaian Acne Salicylic Acid yang terdiri dari facial cleanser dan toner dengan hero ingredients salicylic acid, lactic acid, allantoin, zinc PCA, dan witch hazel. Rangkaian ini menyasar masyarakat segala usia yang memiliki masalah jerawat namun membutuhkan produk skincare yang lembut dan mampu memperbaiki skin barrier, sekaligus menjaga kelembapan wajah. Untuk lebih jelasnya, Mom bisa berkonsultasi langsung ke dokter kecantikan atau dokter kulit. Semoga bisa membantu.

Pertanyaan Lainnya
img
Ciri-ciri Skin Barrier Rusak.
Lihat Jawabannya
img
Karakter Apa yang Harus Dimiliki Anak agar Sukses?.
Lihat Jawabannya
img
Bagaimana Cara Memilih Mainan?.
Lihat Jawabannya
img
Jerawat Sering Muncul di Wajah dan Punggung.
Lihat Jawabannya
Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ciri-ciri Skin Barrier Rusak
img
Karakter Apa yang Harus Dimiliki Anak agar Sukses?
img
Bagaimana Cara Memilih Mainan?
img
Jerawat Sering Muncul di Wajah dan Punggung