Karakter Apa yang Harus Dimiliki Anak agar Sukses?

Novita Sari - Rabu, 24 Januari 2024
Setiap orangtua harus dapat membangun dan mengembangkan karakter anak generasi maju. Foto: Ist
Setiap orangtua harus dapat membangun dan mengembangkan karakter anak generasi maju. Foto: Ist
A A A

Karakter Apa yang Harus Dimiliki Anak agar Sukses?

Tanya: Halo JFK, di era persaingan yang semakin ketat di masa depan, karakter apa saja, sih, yang harus dimiliki anak-anak agar bisa bersaing dan sukses di masa depan? (Mom Yani, Cirebon)

Jawaban Psikolog Klinis Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi.:

Mom Yani pasti tahu bahwa di usia lima tahun pertama si Kecil, merupakan hal yang sangat penting hingga disebut dengan masa golden age. Sebab, di masa inilah, perkembangan kognitif, sosial, dan emosional berkembang paling pesat dan tidak akan dapat diulang kembali dalam hidupnya. Apabila tumbuh kembang anak pada periode ini maksimal, Ia akan tumbuh menjadi generasi yang maju di masa depan.

Nah, ada 3 karakter penting yang harus dimiliki anak agar jadi generasi maju. Pertama, Berpikir Cepat. Ini tidak bisa instan, perlu proses. Anak harus paham dimana untuk paham, harus bisa fokus dan konsentrasi. Setelah paham, anak bisa menalarkan hingga bisa berpikir cepat. Kedua, Berani untuk Maju. Bukan sekadar berani, tapi punya tujuan. Ada tidak motivasinya dimana sebelum ada motivasi, perlu mengenal dulu emosinya. Ketiga, Fisik dan Mental yang kuat. Mens sana in corpore sano, jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat. Sehingga kesehatan fisik dan mental tak bisa dipisahkan.

Agar punya 3 karakter itu, bangun gaya hidup sehat seperti tidur cukup, olahraga, dan nutrisi yang baik. Bangun lingkungan keluarga yang harmonis, hangat. Dan juga lakukan stimulasi dengan benar, seperti sering ajak ngobrol, bacakan buku, dan sebagainya. Jika anak gagal, jangan langsung dibantu, biarkan dia mencari solusinya sendiri, orangtua harus tetap memberi semangat.

Setiap orangtua juga harus dapat membangun dan mengembangkan karakter anak generasi maju yang dapat berpikir cepat, berani untuk maju, memiliki fisik dan mental yang kuat. Karena karakter tersebut adalah pondasi bagi si Kecil di masa kini dan masa depan untuk menjadi anak sukses.

Pertanyaan Lainnya
img
Ciri-ciri Skin Barrier Rusak.
Lihat Jawabannya
img
Karakter Apa yang Harus Dimiliki Anak agar Sukses?.
Lihat Jawabannya
img
Bagaimana Cara Memilih Mainan?.
Lihat Jawabannya
img
Jerawat Sering Muncul di Wajah dan Punggung.
Lihat Jawabannya
Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Ciri-ciri Skin Barrier Rusak
img
Karakter Apa yang Harus Dimiliki Anak agar Sukses?
img
Bagaimana Cara Memilih Mainan?
img
Jerawat Sering Muncul di Wajah dan Punggung