Mengenal Atol

Seruni Damayanti - Senin, 29 Januari 2024
Foto Ist
Foto Ist
A A A

Kids, mungkin kalian pernah melihat lingkaran di lautan yang menyerupai pulau. Tapi, tidak seperti pulau, di dalam lingkaran itu terisi air laut. Aneh dan membuat kagum, ya? Fenomena alam ini disebut Atol.

Apa itu Atol?

Atol adalah terumbu karang berbentuk melingkar yang mengelilingi sebuah laguna di dalamnya. Laguna adalah air asin yang terpisah dari laut oleh terumbu karang.

Terbentuknya Atol

Atol terbentuk ketika karang (coral) membangun koloni, atau terumbu karang (reef), di sekitar puncak pulau vulkanik. Akhirnya, karang mencapai permukaan air dan menjadi daratan. Seiring dengan berlalunya waktu, pulau vulkanik akan mengalami erosi atau tenggelam, meninggalkan laguna di tempatnya.

Letak Atol

Kalian tentu tahu ada 5 samudra di dunia, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Antarktika, dan Samudra Arktik. Kids, kebanyakan Atol hanya terdapat di Samudra Pasifik dan Hindia karena di perairan ini terdapat banyak aktivitas vulkanik gunung berapi dalam laut.

Atol di Indonesia

Kids, tahukah kalian kita juga memiliki Atol? Atol ini terletak di Taman Nasional Taka Bonerate yang terletak di Sulawesi Selatan. Atol di Taka Bonerate adalah Atol ketiga terbesar di dunia, Kids! Hebat, ya? Hihihi!

Fungsi Atol

Selain memperindah laut, Atol juga berfungsi sebagai tempat keragaman hayati yang bisa dinikmati dan diteliti.

Latest Update
Explore more fun