Menjelajah Bumi sang Planet Istimewa

Seruni Damayanti - Selasa, 30 Januari 2024
Foto Ist
Foto Ist
A A A

Kids, kita tinggal di Bumi yang merupakan anggota dari sistem Tata Surya dengan Matahari sebagai pusatnya. Nah, ayo kita baca beberapa pengetahuan tentang rumah kita ini!

Sebagai salah satu anggota dari sistem Tata Surya, Bumi sendiri merupakan Planet Terestrial. Planet Terestrial adalah planet yang komposisi pembentuknya terdiri dari bebatuan.  Nah, anggota Tata Surya lainnya yang juga merupakan Planet Terestrial ada Merkurius, Venus, dan juga Mars.

Planet Istimewa

Ternyata, planet Bumi yang kita tempati ini merupakan planet yang istimewa, lho, Kids! Wah… kenapa, ya? Hal itu dikarenakan planet Bumi, planet ketiga di Tata Surya kita ini merupakan satu-satunya yang memiliki kehidupan beragam! Adanya kehidupan di planet Bumi disebabkan oleh 2 unsur penting yang dimiliki Bumi yaitu Oksigen dan Air.

Pelindung Bumi

Menjelajah lebih jauh, ternyata Bumi juga memiliki lapisan atmosfer yang bisa melindungi kita dari panasnya sinar Matahari, Kids. Tidak hanya itu, lapisan atmosfer tersebut juga bisa menyeimbangkan suhu Bumi sehingga bermanfaat bagi kehidupan. Untuk diketahui, kandungan lapisan atmosfer Bumi  sebagian besar tersusun atas Oksigen dan Nitrogen.

Bentuk Bumi

Kalau kalian selama ini mengira bentuk Bumi adalah bulat, ternyata tidak benar, lho, Kids! Hehe… Bentuk Bumi itu sebenarnya tidak bulat, tapi menyerupai bola yang tertekan. Bentuk Bumi yang menggembung di tengah dekat garis khatulistiwa disebabkan karena adanya gaya gravitasi. Menarik, kan, Kids?

Lalu, berapa sih sebenarnya usia Bumi? Menurut para ilmuwan, usia Bumi yang kita pijak ini adalah sekitar 4,5 miliar tahun! Wah… tua sekali, ya! Hihihi…

Latest Update
Explore more fun