Lebih dari Sekadar Pencernaan: Mengapa Kesehatan Usus Penting untuk Masa Depan Anak?

Novita Sari - Jumat, 12 Juli 2024
Dokter Spesialis Anak-Konsultan Gastrohepatologi, Dr. Muzal Kadim, SpA(K) sedang menjelaskan. Foto: Ist
Dokter Spesialis Anak-Konsultan Gastrohepatologi, Dr. Muzal Kadim, SpA(K) sedang menjelaskan. Foto: Ist
A A A

Tahukah, Moms? Kesehatan pencernaan si Kecil memiliki peran krusial dalam mendukung tumbuh kembangnya secara optimal. Pada periode 1000 hari pertama kehidupan (HPK), saluran cerna menjadi tempat bagi triliunan mikrobiota yang memengaruhi perkembangan otak, pencernaan, penyerapan nutrisi, dan sistem kekebalan tubuh.

Dokter Spesialis Anak-Konsultan Gastrohepatologi, Dr. Muzal Kadim, SpA(K) menjelaskan, "Mikrobiota usus yang seimbang berkontribusi pada kesehatan pencernaan si Kecil, seperti buang air besar lancar dan bebas diare. Prebiotik, zat yang tidak dapat dicerna lambung, berperan penting dalam keseimbangan ini dengan menjadi makanan bagi bakteri baik di usus."

Prebiotik banyak terdapat dalam makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. Selain itu, prebiotik juga dapat diperoleh dari susu pertumbuhan dengan fortifikasi prebiotik rasio tepat, seperti Bebelac yang menggunakan FOS:GOS 1:9.

Tools digital untuk mendeteksi dan monitor kondisi pencernaan anak melalui foto popok. Foto: Ist
Tools digital untuk mendeteksi dan monitor kondisi pencernaan anak melalui foto popok. Foto: Ist

Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia, menambahkan, "Nutricia Research, dengan pengalaman lebih dari 100 tahun di bidang nutrisi pertumbuhan dan perkembangan anak, mengembangkan produk-produk dengan prebiotik teruji klinis, FOS:GOS 1:9, yang didukung lebih dari 40 studi ilmiah dan 90 publikasi internasional."

Berkomitmen untuk mendukung kesehatan pencernaan anak melalui edukasi dan inovasi, diluncurkan pula platform edukasi digital, menghadirkan Bebejourney dengan AI Poop Tracker, tools digital untuk mendeteksi dan monitor kondisi pencernaan anak melalui foto popok. Tools ini memiliki akurasi lebih dari 95% dan sudah tervalidasi secara ilmiah.

"Tools ini diharapkan membantu orangtua dalam menjaga kesehatan pencernaan anak, yang pada akhirnya mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan mereka secara optimal," ujar dr. Ray.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Meluruskan Misinformasi Dampak BPA terhadap Infertilitas dan Persalinan Prematur
img
Eksperimen Sosial Pertama di Indonesia 3 Kali Tingkatkan Skrining Kesehatan Jiwa
img
Perkuat Daya Tahan Tubuh Para Nakes RS di Indonesia dengan Pemberian Suplemen Penambah Imunitas Gratis
img
50 Tahun Manisnya Kesehatan, Yuk, Cegah dan Lawan Penyakit Tidak Menular!