Protea si Semak Gula

Seruni Damayanti - Selasa, 11 Juni 2024
Foto Ist
Foto Ist
A A A

Keluarga Besar Protea

Bunga ini sangat banyak macamnya, Kids. Protea punya lima subfamili yang memiliki 75 genus dan kurang lebih 1.500 spesies! Protea mempunyai bentuk dan ukuran yang beragam. Ada yang tumbuh sebagai semak-semak dan pohon tinggi. Protea juga dinamai semak gula, karena bunganya menghasilkan banyak nektar.

Asal Nama Protea

Nama Protea diberikan oleh Carolus Linnaeus pada abad ke-18. Bunga unik ini dinamai berdasarkan dewa Yunani yang bernama Proteus. Dewa ini mampu mengubah dirinya menjadi bermacam-macam wujud. Nama yang cocok untuk bunga yang sangat banyak macamnya ini, ya? Hihihi!

Tempat Asal Protea

Bunga unik yang beragam ini berasal dari Afrika Selatan, Australia, dan Amerika Selatan.

Kehebatan Protea

Protea bisa tumbuh subur di iklim ekstrim yang kemungkinan bisa membuat bunga-bunga lain mati. Penyebab daya tahan Protea adalah kecenderungan tanaman ini untuk memiliki sifat sclerophyll, yaitu keadaan dimana daun menjadi sangat tebal dan keras.

King Protea

Bunga Protea yang paling dikenal adalah King Protea (Protea cynaroides). Bunga ini bisa bertahan dari kebakaran hutan karena batang bawah tanahnya yang tebal dan punya banyak tunas, yang akan tumbuh kembali. Di Afrika Selatan, bunga King Protea dijadikan sebagai bunga nasional.

Bunga yang Sangat Tua

Kids, ternyata Protea adalah salah satu bunga tertua di dunia! Menurut para ahli, bunga ini sudah ada sekitar 300 juta tahun yang lalu.

Latest Update
Explore more fun