Serunya Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain dan Olahraga

Efa Trapulina - Sabtu, 10 Februari 2024
Seorang siswa sedang belajar bahasa Inggris bersama guru di kelas (Foto: dok. Cakap Kids Academy)
Seorang siswa sedang belajar bahasa Inggris bersama guru di kelas (Foto: dok. Cakap Kids Academy)
A A A

Cukup unik, kursus bahasa Inggris ini menyediakan fasilitas gimnastik lho untuk peserta didiknya. Ya, Cakap Kids Academy Daan Mogot Center telah hadir untuk anak-anak usia 4-12 tahun belajar seru bahasa Inggris dengan format kelas offline.

Kursus bahasa Inggris khusus anak itu merupakan cabang kedua, Kids. Sebelumnya mereka telah hadir di daerah Gading Serpong.

Tak hanya menyediakan kelas bahasa untuk teman-teman yang ingin belajar bahasa Inggris, di sana juga ada gymnastic gratis, lho! Wah, yang benar? 

Tentu saja, di gymnastic ini, kalian bisa melakukan aktivitas fisik menyalurkan energi kalian seperti seperti berguling, melompat, memanjat, berputar dan bermain serta berinteraksi dengan teman-teman lain.

Menghindari kebosanan saat belajar, adalah salah satu tujuan dihadirkannya Kids Academy ini. Untuk itulah, fasilitas pendukung seperti gymnastic dapat menjadikan proses belajar lebih menarik.

Linguistik dan Gimnastik

Kak Cecillia Ong, Chief Operating Officer Cakap yang ditemui pada acara grand opening beberapa waktu lalu mengatakan, konsep yang mereka tawarkan adalah gabungan antara pendidikan linguistik (bahasa) dengan pendidikan jasmani melalui gimnastik. “Kami percaya bahwa keduanya itu berkembang secara bersamaan,” imbuhnya. 

Cecilia Ong, Chief Operating Officer Cakap
Cecilia Ong, Chief Operating Officer Cakap (Foto: Ist)

Ya, jika kamu bugar secara jasmani, maka kamu akan bisa melakukan berbagai macam aktivitas fisik. Tak hanya itu, olahraga gimnastik atau sering disebut juga dengan senam, bukan hanya melatih otot dan tulang saja namun juga mendorong kecerdasan kognitif dan memperkuat fungsi otak.

“Jika anak melakukan pendidikan jasmani, otomatis kemampuan verbal maupun linguistiknya terbantu,” tambah Kak Cecilia.

Selain itu, Kak Cecilia juga mengakui bahwa rentang fokus atau daya konsentrasi anak-anak -  terutama usia dini -  relatif pendek daripada orang dewasa. Kehadiran fasilitas gimnastik ini bisa menyiasati hal itu.

cakap kids
Fasilitas gimnastik untuk melatih motorik anak (Foto: Ist)

“Kebutuhan anak-anak itu berbeda-beda, ya. Ada anak yang energinya harus disalurkan dulu sebelum ia belajar di kelas. Kalau tidak begitu, dia bisa susah konsentrasi, tidak bisa diam dan bergerak ke sana kemari ketika belajar di dalam kelas.  Nah, anak bisa melakukan kegiatan gimnastik sebelum ia belajar di kelas,” urai Kak Cecilia. 

Bermain Sambil Belajar

Tapi, bukan berarti kalian belajar bahasa Inggris di kelas secara kaku, lho! Sebab, metode yang dihadirkan adalah fun learning atau pembelajaran yang menyenangkan. 

“Dalam program yang kami terapkan, materi pelajaran dibikin menyenangkan. Ada lagu, alat peraga dan ragam aktivitas menarik dan kreatif yang bisa diikuti oleh anak,” papar Kak Cecilia.

Ditambahkan oleh Kak Santhy Ria Kusnaeni, Teacher Operations Manager Cakap, ruang kelas juga disertai multimedia berupa televisi. Nah, televisi ini terkoneksi dengan materi pelajaran sehingga kalian bisa bermain sambil belajar.

Suasana percobaan kelas saat pembukaan CKA Daan Mogot
Suasana percobaan kelas saat pembukaan CKA Daan Mogot (Foto: Efa)

Selain belajar di kelas, peserta didik juga akan diberikan kesempatan untuk belajar di ruang kelas, lho. “Kita juga mengadakan aktivitas di luar kelas seperti ke restoran, kolam renang, dan lainnya. Aktivitas ini kita gunakan semaksimal mungkin untuk anak-anak bisa latihan kemampuan berbahasa Inggris mereka secara langsung,” imbuh Kak Santhy yang mengatakan bahwa jumlah siswa maksimal hanya 8 orang per sesi belajar di kelas.

Penasaran kan keunggulan apa saja yang ditawarkan fasilitas belajar bahasa Inggris ini, berikut di antaranya:

  1. Kelas Bahasa. Di kelas ini, kalian bisa belajar bahasa Inggris secara interaktif dengan Teacher (guru)  maupun teman-teman.
  2. Kelas Tematik. Teman-teman akan mengasah kreativitas sekaligus dilatih kemampuan bahasa Inggris melalui kegiatan seni dan kerajinan tangan.
  3. Metode belajar sesuai usia anak. “Di sini kami menerapkan metode EXPERT yakni Explore, Practice dan Certify yang memadukan perkembangan kognitif dan motorik,” jelas Kak Cecilia.
  4. Mengadaptasi Fun Learning. Sesi pengajaran menerapkan pembelajaran menyenangkan yakni belajar sambil bermain dilengkapi dengan fasilitas penunjang pembelajaran seperti gymnastic, ruang bermain, ataupun Extra Class (Kelas Tambahan) di mana kalian bisa berkonsultasi mengenai PR di sekolah yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Wah, asyik, ya!

Nah, jika kalian ingin belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan, langsung saja datang ke Cakap Kids Academy Daan Mogot Center di daerah Jimbaran Raya, Kalideres, Jakarta Barat. Fasilitas belajar bahasa asing ini sudah beroperasi sejak tanggal 3 Februari 2024 lalu. Selamat belajar, bermain dan berolahraga ya, Kids.

Latest Update
Explore more fun