Sunat Massal untuk 100 Anak Indonesia, Wujud Kepedulian Pentingnya Edukasi Perawatan Luka

Efa Trapulina - Jumat, 05 Juli 2024
Hansaplast menggelar “Sunat Massal” untuk 100 anak Indonesia pada tanggal 3 Juli 2024 dan 5 Juli 2024 yang dilaksanakan di Rumah Sunat dr. Mahdian (Foto: justforkids/Ist)
Hansaplast menggelar “Sunat Massal” untuk 100 anak Indonesia pada tanggal 3 Juli 2024 dan 5 Juli 2024 yang dilaksanakan di Rumah Sunat dr. Mahdian (Foto: justforkids/Ist)
A A A

Apakah anak laki-laki Moms sudah disunat? Ya, sunat merupakan salah satu prosedur medis penting yang memiliki manfaat kesehatan jangka panjang bagi anak-anak laki-laki. Sirkumsisi atau sunat adalah suatu proses memotong ujung kulup atau kulit yang menutupi penis.Selain menjaga kebersihan dan kesehatan, sunat juga dapat mencegah berbagai penyakit menular.

Mengingat manfaatnya yang baik dari sisi kesehatan, Hansaplast melakukan terobosan baru di tahun 2024 ini.  Berkolaborasi dengan Rumah Sunat dr. Mahdian & Alfamart, brand untuk berbagai macam plester produksi Beiersdorf ini menggelar “Sunat Massal” untuk 100 anak Indonesia pada tanggal 3 Juli 2024 dan 5 Juli 2024 yang masing-masing dilaksanakan di Rumah Sunat dr. Mahdian cabang Bekasi dan Surabaya.

Untuk memastikan pelaksanaan sunat massal berjalan lancar dan aman, tim medis profesional yang berpengalaman akan melaksanakan prosedur sunat dengan menggunakan peralatan medis yang steril dan sesuai standar kesehatan.

Yosephine Carolline, Senior Brand Manager Health Care PT. Beiersdorf Indonesia menjelaskan, “Kami berharap kegiatan sunat massal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang membutuhkan layanan kesehatan ini. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya kegiatan ini.”

dr. Randy Anindito dan Yosephine Carolline
dr. Randy Anindito dan Yosephine Carolline

Selain layanan sunat gratis, acara tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan edukatif dan hiburan untuk anak-anak serta penyuluhan kesehatan bagi para orangtua.

Dokter sekaligus edukator, dr. Randy Anindito menjelaskan bahwa masih banyak mitos yang beredar seputar perawatan luka pasca sunat.

Agar tidak salah langkah dalam merawat luka, dr. Randy Anindito membagikan kiatnya.

“Perawatan luka sebenarnya sederhana yang bisa dilakukan dalam 3 langkah yaitu Bersihkan, Lindungi, dan Sembuhkan. Hal ini berarti, bila terjadi luka, selalu ingat untuk Bersihkan luka dengan cairan antiseptik supaya tidak terjadi infeksi. Untuk memudahkan perawatan, kita bisa menggunakan antiseptik spray yang mengandung PHMB yang terbukti bisa membunuh bakteri dan mencegah infeksi. Kemudian Lindungi luka dengan Plester Luka dan terakhir bila diperlukan penyembuhan yang lebih cepat, bisa menggunakan Salep Luka,” terang dr. Randy.

Mengapa Membersihkan Luka Penting?

Agar proses penyembuhan luka berjalan optimal, maka langkah membersihkan luka sangat penting. Ketika kulit terluka, lapisan kulit pelindung menjadi rusak dan mengakibatkan kotoran dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh. Setiap luka dapat terinfeksi apabila tidak dibersihkan dengan benar. Oleh karena itu, membersihkan luka sangat disarankan untuk segala jenis luka. 

Suasana edukasi kesehatan Hansaplast
Suasana edukasi kesehatan 

Untuk melengkapi komitmen menghadirkan solusi perawatan luka yang terbaik dan terlengkap, telah hadir Hansaplast Antiseptik Pembersih Luka Spray untuk membersihkan luka dari kotoran dan bakteri dan mencegah luka dari infeksi tanpa rasa sakit, yang mudah digunakan dalam bentuk semprotan untuk segala jenis luka termasuk:

  • Luka akut, dan luka menyebabkan trauma, seperti luka sayat, luka abrasi, dan luka lepuh
  • Luka setelah operasi
  • Luka bakar tingkat satu dan dua minor
  • Luka kronis seperti luka terbuka

Antiseptik Pembersih Luka

Ketika merawat luka, hal yang paling tidak diinginkan adalah perawatan luka yang sakit. Berbeda dengan obat lain seperti Iodine atau obat merah, Antiseptik Pembersih Luka mencegah luka infeksi tanpa rasa sakit dan membersihkan luka dari kotoran dan bakteri secara lembut dan efektif sehingga membantah mitos yang dipercaya secara umum – membersihkan luka secara efektif tidak harus sakit.

Selain tidak mengandung alkohol dan iodine, Antiseptik Pembersih Luka ini tidak akan memberikan sensasi terbakar, perih dan tidak membuat kulit kering. Inilah alasan Antiseptik Pembersih Luka cocok untuk anak-anak dan kulit sensitif. Mereka akan terkejut dengan sensasi antiseptik yang tidak sakit.

Antiseptik Pembersih Luka tersebut mengandung PHMB (Polyhexamethylene Biguanide, yang biasa disebut Polyhexanide). Zat ini digunakan oleh dokter di rumah sakit di seluruh dunia. Keunggulan PHMB dibandingkan dengan antiseptik lain adalah:

  • Efektif melawan kuman dan bakteri, termasuk MRSA
  • Sangat ramah di kulit, ditoleransi baik oleh kulit
  • Mendukung penyembuhkan luka

Satu hal lain yang membedakan antiseptik pembersih luka ini dengan lainnya adalah tidak berbau. Biasanya ketika membersihkan luka, bau alkohol atau iodine yang muncul dari obat luka membuat si kecil merasa terganggu dan membuatnya tidak mau dirawat. Tapi dengan antiseptik pembersih luka tersebut. kini Moms tak perlu khawatir lagi. 

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Waspada Darurat Kasus Monkeypox di Indonesia: Simak Tips Pencegahan dan Lakukan Perlindungan!
img
Maudy, Chicco, dan Pevita Ajak Warga Bandung Hidup Sehat di Festival Fit and Health
img
Maltodextrin di Susu Formula Aman, Bukan Penyebab Diabetes atau Gagal Ginjal pada Anak
img
Waspada Bahaya Swamedikasi bagi Kesehatan Gigi, Cegah dengan Konsultasikan pada Ahlinya!