Tips untuk Brand Skincare Lokal yang Ingin Sukses di Era Digital

Novita Sari - Sabtu, 25 Mei 2024
Terinspirasi Buah Avocado, Anugrah Pakerti Dirikan Avoskin. Foto: Ist
Terinspirasi Buah Avocado, Anugrah Pakerti Dirikan Avoskin. Foto: Ist
A A A

Industri kecantikan Indonesia terus berkembang dengan kehadiran beragam tren kosmetik dan perawatan kulit yang semakin populer.

Hal ini mendorong permintaan masyarakat akan produk kecantikan lokal untuk semakin kreatif dengan mengedepankan kualitas bahan baku yang baik.

Melihat adanya peluang yang menjanjikan ini, mendorong Anugrah Pakerti selaku Founder Avoskin untuk mendirikan brand lokal kecantikan pada tahun 2014.

Terinspirasi dari kata ‘Avocado’ yang mencerminkan unsur natural, ia ingin memastikan konsumennya bisa merasakan produk skincare yang aman dengan memanfaatkan bahan dari alam.

Kini, perkembangan teknologi juga mempermudah proses distribusi dan akses konsumen terhadap berbagai produk kecantikan. Melalui platform online seperti Shopee, turut menunjang pertumbuhan UMKM dan brand lokal untuk memperluas pangsa pasar melalui fitur dan program yang ditawarkan.

Berbahan natural. Foto: Ist
Berbahan natural. Foto: Ist

“Awal berdiri karena kami menemukan situasi dimana beberapa konsumen masih mencoba produk yang belum terjamin keamanannya hingga berbahaya buat kulit mereka. Maka dari itu, kami hadir untuk menyajikan skincare lokal yang mengedepankan bahan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Saat peluncurannya, kami fokus pada produk basic seperti pelembap, namun seiring berjalannya waktu mulai menghadirkan cleanser dan produk lainnya. Hingga pada tahun 2016, kami merilis Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) dan berhasil membuat kami dilirik oleh pasar Indonesia lebih besar lagi. Dan sejak awal, brand kami sendiri lebih berfokus pada penjualan online sehingga memudahkan orang untuk mencoba produk kami, termasuk salah satu langkah strategis kami adalah bergabung dengan platform e-commerce ini,” kisah Anugrah.

Bisa Digunakan Wanita dan Pria

Produk-produk yang saat ini diproduksi sangat variatif dan bisa digunakan unisex, baik wanita maupun pria. Mereka berkreasi untuk merilis setiap produknya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen yang beragam. Melalui bisnisnya, mereka berkomitmen untuk mengambil peran dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan kontribusi terhadap perekonomian lokal.

Selain itu, unique selling point dari produknya adalah pemilihan natural ingredients dan konsep sustainability yang terus diimplementasikan mulai dari proses supply chain, produksi hingga kampanye.

Selain itu, digabungkan pula dengan kandungan aktif seperti AHA, BHA, Tranexamic, Lactic Acid, Retinol, dan lainnya yang juga teruji efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Dalam urusan merawat diri, baik wanita dan pria tentu ingin menunjukkan penampilan terbaik dirinya. Menggunakan skincare maupun body care bukan hanya ditujukan untuk wanita, tetapi juga pria agar tampil memukau dan lebih percaya diri setiap harinya.

Menurut penelitian, tekstur kulit pria lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit wanita, sehingga kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam. Ditambah lagi, aktivitas sehari-hari dan polusi juga berdampak pada semua kulit tanpa melihat gender.

Bisa digunakan wanita dan pria. Foto: Ist
Bisa digunakan wanita dan pria. Foto: Ist

Memanfaatkan Kekuatan Teknologi

Sejak awal, Anugrah menyadari pentingnya platform online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Kerjasama strategis dengan Shopee sejak tahun 2019 menjadi langkah jitu dalam memperluas jangkauan pasar, meningkatkan visibilitas produk, dan mendongkrak penjualan.

Beragam Fitur dan Program Dimanfaatkan:

  • Kampanye Angka Kembar: Menghasilkan lonjakan pesanan hingga 9 kali lipat!
  • Flash Sale, Voucher, dan Live Streaming: Meningkatkan loyalitas konsumen dan menarik pelanggan baru.
  • Live dan Video: Meningkatkan interaksi dengan konsumen dan memperkenalkan produk secara lebih detail.

Hasil Luar Biasa dari Kolaborasi:

  • Peningkatan Penjualan yang Signifikan: Penjualan terus bertumbuh pesat.
  • Kontribusi Live yang Besar: Kontribusi Live terhadap total pendapatan mencapai 30-40% di bulan Mei 2024.
  • Penguatan Branding dan Eksposur yang Lebih Luas: Mendapatkan lebih banyak eksposur dan benefit voucher.

Kisah skincare lokal ini menjadi inspirasi bagi para pelaku bisnis lokal lainnya untuk memanfaatkan platform online dan berkolaborasi dengan marketplace untuk mengembangkan bisnis mereka.

Tips Sukses di Era Digital

  • Manfaatkan platform online: Jual produk kamu di marketplace untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
  • Gunakan fitur dan program yang ditawarkan: Manfaatkan berbagai fitur dan program yang tersedia di marketplace untuk meningkatkan visibilitas produk, menarik pelanggan, dan meningkatkan penjualan.
  • Bangun interaksi dengan konsumen: Gunakan fitur seperti live streaming dan chat untuk berinteraksi dengan konsumen dan membangun loyalitas.
  • Buatlah konten yang menarik: Buatlah konten yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan brand awareness.
  • Terus berinovasi: Ikuti tren terbaru dan selalu berinovasi untuk menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi konsumen.

Dengan strategi yang tepat dan pemanfaatan teknologi yang optimal, kamu pun dapat bersaing di era digital dan mencapai kesuksesan.

Kids Zone
Zona di mana buah hati Anda dapat menikmati kisah-kisah seru dalam bentuk cerita dan komik, mengeksplorasi artikel pengetahuan yang menyenangkan, serta permainan yang menarik untuk mengasah pemikiran buah hati.
Masuk Kids Zone
Latest Update
Selengkapnya
img
Galang Dana untuk Penuhi Hak Anak-anak, Pesepeda Bike To Care 2024 Lintasi Sumba Sejauh 270 Km
img
Pertama di Indonesia, Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera 
img
Rayakan Momen Idul Adha 1445 H, Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia
img
Konsisten Dukung Pemberdayaan Ekonomi Perempuan lewat Supplier Diversity, Perusahaan Ini Kembali Hadirkan ANJANI